CIRI KUCING BIRAHI

catloverscirebon.blogspot.com
CIRI CIRI KUCING SEDANG BIRAHI, Jika anda ingin benar benar mengawinkan kucing ras dengan benar dan menghindari perkawinan inbreeding (Apabila breeder tidak menghendaki hal tersebut).

Maka Anda harus mengetahui dan selalu mengontrol karakter serta keadaan kucing anda, apalagi ketika kucing tersebut sedang "ON" atau Birahi. Kalian pasti tau kan Birahi itu apa? Dusta kalo gatau mhihihih. Saat masa birahi kucing akan menunjukan perubahan pada tingkah lakunya. Anda sebagai breeder harus benar benar peka melihat tanda - tanda kucing birahi.


  • Berikut masa birahi kucing dan tanda tandanya :
1. Kucing betina perama kali birahi pada saat berumur 7-8 bulan yang berlangsung selama 1 minggu kadang hanya 4-5 hari.

2. Siklus birahi ini akan berulang setelah 1 bulan atau setelah 2-3 bulan.

3. Kucing betina saat mengalami birahi, terjadi perubahan tingkah laku. Anda harus memahami tanda kucing sedang birahi. Tanda - tanda kucing sedang birahi antara lain :
  • Kucing akan sering mengeon lama dan kaki blakangnya berjalan di tempat, suara mengeongnya agak lebih berat dari biasanya.
  • Kucing akan lebih manja terhadap majikannya dan lebih sensitif, kadang kadang juga ia suka berguling-guling.
  • Kalo dipegang punggung tepatnya diatas pangkal ekor akan naik dan ekornya akan melengkung ke samping badannya.
  • Nafsu makan kucing relatif menurun.
  • Bulu tubuhnya bersinar, bentuk tubuh menjadi bulat dan agak subur.
  • Menjadi lebih lincah.
  • Sering menggeser-geserkan tubuhnya ke dinding dan berguling-guling.
4. Bila kucing sudah mengalami tanda-tanda tersebut itu sudah dipastikan kucing anda sudah bisa dikawinkan. Namun bila kucing baru mengalami birahi pertama kali ketika umur 10 bulanan sebaiknya kucing jangan di kawinkan dulu. Usia produktif untuk kucing kawin, mengandung dan melahirkan itu dimulai dari umur 1 tahun. Karena pada usia 1 tahun kucing sudah benar benar siap untuk memiliki anak dan merawatnya nanti. Jadi pada dasarnya kucing betina sebaiknya dikawinkan ketika berumur 1 tahun, dan jangan dikawinkan kurang dari 1 tahun.

5. Anda perlu memperhatikan pyometra yang menyebabkan penundaan breeding sampai beberapa kali. Pyometra adalah infeksi dari saluran uterus karena penumpukan hormon progesterone, dan mengakibatkan penebalan dinding uterus serta berpotensi untuk tumbuhnya bakteri. Jika terjadi pyometra maka harus diambil uterusnya agar tidak terjadi kematian.

6. Anda harus selalu memperhatikan kesehatan si kucing, karena ini merupakan prioritas utama sebelum memutuskan untuk mengkawinkannya lagi.


7. Kucing betina yang dalam masa menyusui dan membesarkan anak-anaknya, jangan dikawinkan dulu sampai anaknya benar benar siap melihat dunia luar.


8. Formula minimum untuk periode re-breeding adalah 3 bulan + perbulan dari jumlah anak yang dilahirkan dan disusui.

9. Masa birahi kucing jantan berbeda-beda bro, tetapi biasanya pada saat 1 tahun dia sudah bisa dikawinin.

10.  Tanda kucing jantan birahi adalah suara mulai keras, suka mengeong, dan kalau melihat si betina akan ingin segera menaikinya.

Tetapi adakalanya seekor kucing betina ketika umur satu tahun belum birahi. Bila demikian kita bisa memberikan beberapa asupan vitamin E untuk meningkatkan hormon birahinya sehingga dampak timbulnya keinginan/ birahi untuk kawin.

Sering loh terjadi pada kucing-kucing peliharaan kita dimana momentum masa birahi tersebut tidak secara bersamaan antara kucing jantan dan kucing betina yang kita pelihara, sehingga yang terjadi adalah kucing betina akan marah pejantan akan jual mahal dan tidak mau mengawininya lagi. Suasana itu sangat tidak kondusif ini kadang membuat kita stress dan berusaha mencarikan betina lain yang siap untuk dikawinkan.

Terkadang seekor kucing jantan masih 'setia' sama pilihannya yang semula dan tidak mau dikawinkan dengan selirnya yang lain. Namun ada pula kucing betina bersedia kawin dengan lebih daru satu pejantan dan demikian pula pejantannya tidak keberatan untuk saling menunggu secara bergantian mengawini betinanya. (Jangan mikir aneh aneh, ini hanya kucing :D )

Bila kita ingin memilih pejantan pilihlah dengan kualitas yang baik agar memberikan keturunan kucing dengan kualitas yang baik juga, kita bisa memanfaatkan jasa kawin dari pemilik kucing yang menyewakan pejantan unggulannya untuk mengawini kucing betina yang kalian miliki dengan biaya tertentu.

Masa - masa perkawinan kucing biasanya berlangsung 7 hari, yaitu setelah kucing sudah melewati masa birahinya.

Bila para readers ada yang berminat mengawini kucing rasnya, hubungi saya via Whats App : +6285776394290 untuk domisili Cirebon dan sekitarnya.

salam -Yanuar.Petshop-

Comments

Popular posts from this blog

Jasa Kawin Pacak Kucing Cirebon

KUCING PERSIA FLATNOSE (SILANGAN DENGAN PEAKNOSE EKSTREEM PEDEGREE) CIREBON

(JUAL) KITTEN PERSIA MEDIUM CIREBON